Tuesday, December 4, 2007

Simpanse Lebih Pintar dari Mahasiswa

Soal Komputer, Simpanse Lebih Pintar dari Mahasiswa
oleh :Fransiska Ari Wahyu - detikinet


Simpanse (Philly)


New York - Selama ini banyak anggapan bahwa manusia lebih pintar dari simpanse. Anggapan ini terbantahkan oleh tes memori jangka pendek lewat permainan komputer yang diujikan kepada tiga anak simpanse berumur 5 tahun dan sejumlah mahasiswa.

Hasilnya sungguh mencengangkan. Ternyata anak simpanse tersebut lebih unggul daripada para mahasiswa dalam permainan komputer.

Pada tes pertama yang dilakukan oleh Universitas Kyoto, sembilan angka Arab ditampilkan di layar komputer. Ketika angka pertama disentuh, maka kedelapan angka lainnya akan berputar ke dalam kotak putih. Kotak-kotak tersebut harus disentuh sesuai dengan perintah angka berapa yang harus ditempatkan di situ. Hasilnya, simpanse tersebut lebih cepat daripada manusia.

Di tes kedua, Ayumu salah satu simpanse melawan sembilan mahasiswa. Pada tes ini, 5 angka ditampilkan sekejap sebelum akhirnya ditempatkan di kotak putih. Kotak-kotak tersebut harus disentuh sesuai dengan urutan yang pas. Ketika angka-angka tersebut ditampilkan kira-kira 7/10 detik, Ayumu dan para mahasiswa sanggup melakukannya dengan ketepatan 80 persen.

Namun, ketika angka-angka tersebut ditampilkan hanya dalam waktu 4/10 atau 5/10 detik, Ayumu keluar sebagai pemenang. Waktu ini terlalu singkat untuk melihat secara jelas tampilan layar, dalam tes ini ketepatan Ayumu masih sekitar 80 persen, sementara ketepatan mahasiswa turun menjadi 40 persen, demikian seperti dikutip detikINET dari Canadianpress, Rabu (5/12/2007).

Bahkan walaupun sudah berlatih selama 6 bulan, mahasiswa tersebut masih tetap kalah. Diperkirakan ada dua faktor yang mempengaruhi hal ini, yang pertama nenek moyang manusia banyak menggunakan otaknya untuk mengembangkan kemampuan bahasa. Faktor yang kedua, memori untuk mengingat gambar lebih bagus pada otak anak kecil, memori ini akan berkurang seiring bertambahnya usia.
( dwn / dwn )

0 celoteh:

Post a Comment

dfsfsfsd