Monday, November 26, 2007

Separuh Domain .co.id Mati Suri



Sumber : Wicaksono Hidayat - detikinet


ilustrasi (inet)


Jakarta - Pengelola Nama Domain Indonesia (Pandi) mengatakan ada lebih dari 50 persen nama domain .co.id yang tidak aktif alias mati suri. Hal itu dikemukakan Teddy Sukardi, Ketua Pandi, kepada detikINET, Senin (26/11/2007).

Teddy berharap pemilik nama domain berakhiran .id, terutama .co.id dan .web.id, untuk segera memperpanjang masa aktif domain mereka. "Untuk .co.id, sekitar lebih dari separuh tidak aktif. Itu baru ketahuan setelah dimatikan ternyata tidak diperpanjang, kelihatannya hanya digunakan sementara ketika itu," ujar Teddy.

Banyaknya domain yang tidak aktif ini, lanjutnya, disebabkan pengguna merasa nama domain itu bisa digunakan selamanya tanpa perpanjangan. "Problemnya, dulu waktu mendaftar merasa bisa digunakan terus, padahal tidak," Teddy menegaskan.

Banyaknya domain .id yang tidak aktif ini kontras dengan anjuran penggunaan .id daripada .com yang disampaikan Departemen Komunikasi dan Informatika. Bagaimana mau beralih kalau yang sudah ada saja ternyata banyak yang tidak dirawat?
( wsh / wsh )

0 celoteh:

Post a Comment

dfsfsfsd